Sekilas Tentang Burung Tengkek Buto

Sekilas Tentang Burung Tengkek Buto - Tahukah anda jika ternyata Burung Tengkek Buto atau yang dikenal juga dalam bahasa latin sebagai The Oriental Dollarbird (Eurystomus orientalis) ternyata bukan termasuk dalam jenis burung tengkek udang (Alcedo atthis) seperti yang selama ini kita ketahui.
Burung Tengkek Buto
Burung Tengkek Buto masuk dalam genus Eurystomus dan justru masih satu kerabat dengan Coraciidae seperti tiong lampu yang banyak ditemukan di Sulawesi dan pulau Bangka. sementara untuk genus eurystomus itu sendiri setidaknya memiliki 3 jenis spesies yang merupakan kerabat mereka apa saja itu simak info dibawah ini:

Tiong Lampu (Coraciidae)
Tiong Lampu (Coraciidae)

Cinnamon Roller (Eurystomus glaucurus)
Eurystomus glaucurus

Blue-throated Roller (Eurystomus gularis)
Eurystomus gularis

Tengkek Buto (Eurystomus azureus)
Tengkek Buto (Eurystomus azureus)

Habitat Asli dan Daerah Penyebaran Burung Tengkek Buto

Habitat asli dari burung tengkek buto ini biasanya banyak ditemukan di daerah tepian sungai serta perairan payau yang masih asri, selain itu burung ini juga sering ditemukan pada pepohonan tinggi seperti pohon bambu. daerah penyebaran burung tengkek buto mencakup wilayah Asia hingga benua Australia bahkan juga bisa ditemukan dibenua Afrika, Dengan daerah penyebaran cukup luas tersebut tak heran apabila jenis tengkek buto banyak ditemukan di wilayah Indonesia seperti di pual Jawa, Sumatra, Kalimantan dan beberapa pulau lainnya.

Makanan Burung Tengkek Buto

Dalam lingkungan dan habitat aslinya makanan pokok tengkek buto ialah udang , ikan ikan kecil hingga serangga namun demikian seiring perkembangan didunia perburungan para hobiis burung tangkaran atau burung yang berhasil dipelihara kolektor kini bisa beradaptasi dengan baik, tak heran apabila kini tengkek buto juga bisa diberi makan voor serta serangga yang banyak dijual dipasar burung seperti jangkrik , ulat hongkong dan kroto.

Tips Cara Perawatan Burung Tengkek Buto Yang Baik dan Benar

Makanan utama dari burung tengkek buto ini adalah jangkrik juga voer dan udang rebon bisa juga diberikan sedikit asupan tambahan berupa ikan kecil. 

Suaranya yang lantang seringkali disukai para hobiis burung terutama untuk memaster burung kesayangan mereka tak heran apabila harga pasaran burung ini cukup mahal berkisar antara 1juta hingga 3juta Namun sayangnya konon menurut beberapa informasi yang banyak berhembus suara burung tengkek buto ini akan semakin memendek kicaunya seiring bertambahnya usia mereka. Untuk anda yang ingin mengoleksi suara kicauannya silahkan bisa didownload disini Masteran Suara Kicau Burung Tengkek Buto , dan untuk anda yang ingin melihat videonya bisa dilihat disini --> Kumpulan Video Burung Tengkek Buto .

Source:http://www.agrobur.com/2012/11/mengenal-sekilas-burung-tengkek-buto.html

Related Posts

Sekilas Tentang Burung Tengkek Buto
4/ 5
Oleh