Cara Paling Ampuh Menjodohkan Burung Lovebird

Tips Cara Paling Cepat Ampuh dan Efektif Untuk Menjodohkan Burung Lovebird Agar Bisa Cepat Jodoh - Budidaya pengembang biayakkan jenis burung yang satu ini hingga kini terbilang sangat populer dikalangan penangkar burung jenis kicauan selain mudah dijual dipasaran permintaan pasar untuk jenis burung paruh bengkok ini seoalah tak pernah sepi, karena harganya cukup terjangkau dan cukup murah namun begitu untuk warna tertentu seperti sable head/kepala elang, olive, pastel, batman, biru mangsi, cobalt, lutino mata merah, albino mm, halfsider, violet, blorok, dan yang termahal seperti euwing, biola, biola blue para penghoby bisa merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya.
Cara Paling Ampuh Menjodohkan Burung Lovebird
foto: lovebirdcomunity
Suara ngekeknya yang khas banyak disukai oleh para penghoby burung dari kalangan bawah menengah bahkan hingga kangan atas, selain variasi warna yang cukup menarik ternyata burung ini juga diminati untuk kontes dan masteran burung lainnya lihat di Download Suara Lovebird Ngekek Panjang 2018  .

Untuk anda yang mungkin tertarik untuk memmbudidayakan lovebird artikel berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk anda silahkan simak ya,,, Dalam budidaya sebelumnya anda harus mengetahui proses penjodohan langkah awal adalah mengetahui jenis kelamin burung tersebut hal ini cukup penting jika salah maka burung yang akan ditangkar tidak bisa menghasilkan keturunan sama sekali, oleh sebab itu mengetahui ciri jantan dan betina para proses perjodohan mutlak diperlukan untuk mengetahui bagaimana caranya silahkan baca artikel mengenai Cara Akurat Membedakan Lovebird Jantan Betina .

Setelah itu kita mulai dengan proses perjodohan, menjodohkan artinya adalah perkenalan antara pejantan dan betina sebelum memulai menjodohkan pastikan jika usia burung sudah siap atau dewasa setidaknya sudah mapan siap diternak atau dikawinkan usia burung lovebird yang baik untuk diternak Sebelum kita menjodohkan burung lovebird, sebaiknya kita sudah mengetahui usia lovebird yang kita miliki. Agar telur yang nantinya akan dierami bisa menetas sempurna dan menghasilkan anakan yang berkualitas bagus ,usia burung lovebird yang kita jodohkan sebaiknya adalah yang sudah berusia dewasa. Berapa usia dewasa atau usia mapan untuk burung jenis lovebird ini? Minimal adalah usia 9 bulan atau lebih. 

Ada dua cara dalam proses perjodohan lovebird yang pertama adalah dengan cara di koloni atau berkelompok sedangkan cara yang kedua adalah dengan menjodohkan secara berpasangan-pasangan. 

Tips Cara Paling Ampuh Menjodohkan Burung Lovebird

Tips Menjodohkan Secara Berpasang-pasangan
Tips Menjodohkan Secara Berpasang-pasangan
foto: peternaklovebird.com
Sebelum dijodohkan, burung lovebird yang akan kita tangkarkan sebaiknya dibuat birahi terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:
Satu minggu atau 5 hari sebelum proses perjodohan, lovebird secara rutin dimandikan setiap hari, kemudian dijemur. Setelah burung kering, kemudian dikerodong. selama proses ini sebaiknya potongan sayur kangkung secara rutin. Fungsi sayuran kangkung adalah untuk menambah birahi lovebird agar mau cepat kawin.

Setelah 5 hari kemudian maka burung Lovebird siap segera siap untuk kemudian dijodohkan. Cara menjodohkannya bisa dengan saling mendekatkan kandang lovebird jantan dan betina. Perhatikan juga tingkah lakunya. selama proses ini biarkan kandang didekatkan selama seharian atau setengah hari. Jika mereka saling medekat, berarti mereka mau berjodoh. Setelah mau berjodoh, lovebird bisa langsung dimasukan dalam satu kandang. Cara ini termasuk cara paling ampuh serta efisien karena memang banyak dipakai oleh para peternak selama ini. Dalam hitungan jam atau satu hari saja lovebird bisa berjodoh. Intinya beberapa hari sebelumnya, lovebird dibuar birahi masing-masing. jika proses tersebut berhasil maka mereka akan segera berjodoh dengan sendirinya.

Cara Menjodohkan Secara Koloni
Cara Menjodohkan Secara Koloni
foto: burunglovers.blogspot.com
Caranya adalah dengan memasukannya ke dalam kandang koloni/kelompok. Lovebird nantinya akan mencari pasangan mereka masing-masing sesuai keinginan mereka sendiri. Jadi kita tidak perlu repot-repot memandikan lovebird dan sebagainya. Cukup kita menaruh sepasang atau beberapa pasang lovebird yang belum jodoh, kemudian biarkan saja. Di dalam kandang koloni tersebut sudah disediakan beberapa glodok. Jika ada sepasang lovebird yang masuk ke dalam glodok secara bersamaan, maka mereka sudah dipastikan berjodoh dan bisa dipindahkan di kandang sangkar kotak atau dibiarkan tetap dalam kandang koloni selama proses perjodohan dalam koloni sebaiknya berikan juga sayuran kangkung untuk menambah birahi mereka agar bisa cepat berjodoh.

Nah itulah Cara Paling Ampuh dalam Menjodohkan Burung Lovebird jangan lupa berikan juga asupan multi vitamin dan nutrisi yang baik agar telur yang dihasilkan nantinya lebih bagus , sekian informasi yang bisa admin berikan pada pertemuan kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kicaumania sekalian jangan lupa tetap kunjungi blog ini untuk memperoleh informasi menarik lainnya.

Related Posts

Cara Paling Ampuh Menjodohkan Burung Lovebird
4/ 5
Oleh