Mengenal Berbagai Jenis Burung Cucak Cungkok

Mengenal Berbagai Jenis Burung Cucak Cungkok - Burung Cucak Cungko memiliki nama latin (Chloropsis hardwickii), biasa disebut juga dengan nama orange-bellied leafbird hal tersebut karena burung ini memiliki warna kuning yang khas pada bagian perutnya, warnanya yang indah serta geraknya yang energik menjadi daya tarik tersendiri dari burung ini, selain itu suara kicauannya yang merdu dengan variasi tembakan dan besetan yang rapat serta volume yang tajam menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan dirumah, di Indonesia pemilik burung ini masih sangat jarang karena memang Cucak Cungkok bukanlah burung dari Indonesia jika memang ada yang memperjual belikannya tentunya harganya pasti sangat mahal , dipasaran burung ini bisa jual hingga 3,5juta lebih per ekornya.

Mengenal Berbagai Jenis Burung Cucak Cungkok

Burung Cucak Cungkok memiliki variasi kicauan yang rapat serta tajam dan tegas hal ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai isian burung kesayangan seperti murai batu, kacer/koci, cucak hijau, dan juga lovebird serta burung lainnya, Cucak Cungkok termasuk dalam kategori burung masteran kelas mewah selain Cililin dan Tengkek Buto yang memiliki keunikan suara yang hampir sama.


Ciri-Ciri Burung Cucak Cungkok

Burung ini mempunyai ciri variasi warna yang banyak didominasi dengan warna hijau dan orange, serta terdapat warna biru mengkilat yang bisa terlihat jelas di bagian dagu dengan dikelilingi warna hitam, kemudian terdapat warna biru kehitaman di bagian leher sementara warna oranye dimulai dari dada, perut sampai pangkal ekor. Sedangkan warna dominan pada bulu besar sayap adalah hitam kebiru-biruan. Burung ini memiliki kaki berwarna hitam dan paruh agak melengkung panjang sama seperti burung cucak ijo yang dikenal di Indonesia secara keseluruhan sekilas memang sedikit mirip dengan cucak hijau secara postur juga hampir sama besar.

Jenis-Jenis Cucak Cungkok/Cungko

Perlu anda ketahui jika spesies Cucak Cungkok ini terdiri atas 4 subspesies (ras) dan semuanya tidak dijumpai di Indonesia. Berikut ini 4 subspesies dari burung cucak cungkok yang ada dibeberapa daerah di kawasan Asia :

Chloropsis hardwickii hardwickii (Jardine & Selby, 1830)
Cucak cungkok Chloropsis hardwickii hardwickii

Habitat jenis ini banyak dijumpai di wilayah utara India, wilayah timur dari lereng Pegunungan Himalaya, wilayah selatan China (termasuk Tibet dan Yunan), hingga Myanmar, wilayah baratlaut Thailand, dan wilayah utara Laos.

Chloropsis hardwickii lazulina (Swinhoe, 1870)
Cucak cungkok Chloropsis hardwickii lazulina

Habitatnya hanya di dataran tinggi Kepulauan Hainan, sebuah provinsi kecil di China.

Chloropsis hardwickii melliana (Stresemann, 1923)
Cucak cungkok Chloropsis hardwickii melliana
Subspesies ini hidup di dataran tinggi di wilayah selatan China (dari Guizhou dan Guangxi timur hingga Fujian), kemudian di wilayah utara, tengah, dan selatan Vietnam.

Chloropsis hardwickii malayana (Robinson & Kloss, 1923)
Cucak cungkok Chloropsis hardwickii malayana
Jenis ini merupakan burung endemik di wilayah selatan Myanmar dan Semenjanjung Malaysia. Subspesies ini juga hanya dijumpai di dataran tinggi.

Melihat peta persebaran burung cucak cungkok, sama sekali tidak menyebutkan salah satu wilayah di Indonesia, terutama Sumatera yang berdekatan dengan Semenanjung Malaysia. Mungkinkah burung ini bermigrasi dari Malaysia ke Sumatera, melintasi Selat Malaka?

Burung ini termasuk dalam keluarga leafbird yang memang dikenal sebagai burung penetap (non-migrasi): sama seperti murai batu. Burung non-migrasi tak akan pernah meninggalkan habitatnya dalam radius lebih dari 20 km.

Murai batu Jambi, misalnya, tidak mungkin akan terbang jauh sampai ke Aceh. Begitu pula dengan cucak cungkok, cucak hijau, cucak rante, dan kelompok leafbird lainnya. Ketika habitatnya rusak, misalnya oleh penebangan liar atau penjarahan hutan, biasanya burung-burung ini hanya bisa pasrah, lalu mati.

sumber:https://omkicau.com/2013/02/28/burung-cucak-cungkok-beredar-di-pasaran

Jadi sangat kecil kemungkinan burung ini hadir di Indonesia kecuali jika memang ada pedagang yang sengaja mendatangkannya dari luar untuk kemudian di jual dipasar burung di Indonesia dengan begitu untuk anda yang mungkin ingin memeliharanya dirumah ini bukanlah hal mudah mengingat sulitnya kita menemukan burung ini di pasar burung dan juga harganya yang relatif sangat mahal.

Namun demikian untuk anda yang sekedar ingin mendengarkan suara Kicaunya untuk measteran atau sebagai koleksi pada beberapa waktu yang lalu admin telah admin sediakan beberapa file audio cucak cungkok yang bisa anda dapatkan disini ---> Download Suara Masteran Burung Cucak Cungkok

Related Posts

Mengenal Berbagai Jenis Burung Cucak Cungkok
4/ 5
Oleh