Merdunya Suara Kicau Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC)

Kicaumania.Online Merdunya Suara Kicau Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC) - Memiliki nama latin Rhinomyias olivacea adalah merupakan salah satu spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Rhinomyias, Belakangan ini namanya mulai populer dikalangan kicaumania hal ini tak lain karena memang burung mungil ini memiliki suara yang merdu yang tak kalah dengan Sulingan Gunung , Selendang Biru dan juga Burung Decu.

Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC)
Gambar:google

Burung Sikatan rimba dada coklat atau yang dikenal juga dengan istilah SRDC memiliki ukuran tubuh sedang yaitu hanya sekitar kurang lebih 15 cm saja. Bulu tubuh bagian atas banyak didominasi dengan warna coklat keabu-abuan. sedang pada bagian dan ekor tersapu merah karat. sedangkan pada bagian dagu dan tenggorokan berwarna keputihan. Garis tebal melintang di dada kuning kecoklatan. Perut dan ekor bawah keputihan. Iris coklat, paruh hitam, kaki merahjambu.

Di habitat aslinya burung ini banyak ditemukan dipepohonan dan juga semak-semak. Burung sikatan rimba dada coklat merupakan salah satu jenis burung pemakan serangga dan memiliki habitat di tepi hutan, hutan sekunder, perkebunan. tersebar sampai ketinggain 1.200 m dpl, dengan wilayah persebaran meliputi Semenanjung Malaysia, Sunda Besar, Sumatera, Kalimantan, Jawa dan juga Bali.

Sikatan rimba dada coklat memiliki suara khas seperti halnya sikatan/sulingan lainnya dengan alunan yang lembut dan juga merdu diikuti dengan sedikit getaran yang unik inilah yang menjadikan burung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung peliharaan kesayangan dirumah populasinya dialam bebas saat ini memang masih cukup aman namun dikuatirkan jika terus terjadi penangkapan secara besar2an bukan tidak mungkin populasinya kian lama akan semakin menurun, oleh sebab itu ada baiknya untuk anda yang ingin melestarikannya tak ada salahnya untuk coba menangkarkan burung jenis Sikatan Rimba ini.

Video Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC) - Youtube
source:https://www.youtube.com/watch?v=4TMoevWSYyY

Dipasaran harganya juga cukup lumayan untuk burung muda hutan biasanya dijual dengan kisaran harga antara 150rb hingga 250rb untuk burung yang sudah gacor dan full isian tentunya haganya bisa cukup mahal, nah untuk anda yang ingin mengoleksi suara kicaunya pada posting ini admin juga menyediakan file audionya dalam format Mp3 yang bisa didownload secara gratis sangat cocok untuk masteran dan juga untuk memancing burung sikatan rimba yang macet bunyi.


Related Posts

Merdunya Suara Kicau Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC)
4/ 5
Oleh