Ternyata Inilah Perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi

Tahukah Anda Ternyata Inilah Perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi - Kicaumania Online, Burung yang satu ini pada era 90an memang pernah sangat tenar bahkan pada masa lampau untuk perlombaan kelas ciblek biasanya selalu dipenuhi oleh para peserta, namun belakangan ini pamor burung yang satu ini sedikit menurun , meskipun demikian ciblek masih tetap punya penggemar tersendiri.


Suara Kicau Ciblek yang begitu nyaring dan keras dengan ciri khas tembakan-tembakan yang cukup rapat memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai suara masteran untuk jenis burung pengicau lainnya seperti Murai Batu (MB), Kacer., Cucak Hijau, Kenari, Cendet dan yang lainnya, khususnya untuk burung-burung yang akan diikutkan pada perlombaan. selain itu burung ini juga disukai karena gayanya yang sangat energik ketika sedang berkicau.

Ciblek dikenal juga dengan nama prenjak jawa yang termasuk dalam suku Cisticolidae namun demikian sebagian ada juga yang berpandangan jika ciblek termasuk kedalam suku Sylviidae. Burung Ciblek dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bar-winged Prinia, sedangkan nama ilmiahnya adalah Prinia familiaris Horsfield.

Burung Ciblek memiliki banyak jenis namun dari sekian banyak selain ciblek gunung setidaknya ada dua jenis Ciblek yang paling banyak disukai untuk dijadikan sebagai burung peliharaan dirumah, baik hanya sekedar untuk untuk masteran maupun untuk diturunkan pada perlombaan, kedua jenis tersebut adalah Ciblek Kristal atau yang biasa disebut juga dengan Cikris dan Ciblek Semi/Cisem, kedua jenis ini memiliki kualitas suara yang cukup baik.

Untuk kita yang belum paham dengan kedua jenis burung ciblek ini memang sekilas keduanya terlihat sangat mirip, baik dari segi penampilan fisiknya maupun dari sisi suara kicauannya, namun menurut beberapa orang yang benar2 paham akan burung ini menurut mereka ciblek kristal (cikris) dari beberapa segi memiliki kualitas yang jauh lebih unggul dari pada ciblek semi (cisem) selain itu juga dipasaran harga pasaran untuk ciblek kristal biasanya akan dihargai lebih mahal ketimbang ciblek semi (cisem).

Meskipun keduanya terlihat begitu serupa namun sebenarnya jika kita teliti lebih lanjut ternyata keduanya memiliki beberapa perbedaan yang bisa kita lihat, apa sajakah itu silahkan simak ciri-cirinya berikut ini.

Perbedaan Ciblek Kristal (Cikris) dan Ciblek Semi (Cisem)

Warna bulu putih pada bagian dada burung Ciblek Kristal terlihat lebih putih dan bersih selain itu dibagian perut hingga dada terdapat semburat keabu-abuan namun tidak terdapat warna kekuning2an . Sedangkan warna bulu dada Ciblek Semi tampak putih dengan sedikit semburat warna keabu-abuan dibagian dada sedangkan pada bagian sekitar perut berwarna kekuningan.

Ciblek Kristal


Ciblek Semi

Dari segi suara menurut beberapa ahli kualitas suara yang dihasilkan olek ciblek kristal jauh lebih bagus , Kicauannya jauh lebih nyaring dan keras selain itu tembakan ngebren-nya lebih rapat ketimbang ciblek semi.

Selain itu dari segi mental, ternyata ciblek kristal memiliki mental fighter yang lebih bagus ketimbang ciblek semi oleh sebab itu jika banyak kicaumania terutama yang sering mengikuti perlombaan burung  ciblek mereka lebih memilih ciblek kristal ketimbang ciblek semi.

Nah itulah beberapa perbedaan antara ciblek kristal dan ciblek semi semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya dan bagi anda yang ingin mengoleksi suara masteran burung ciblek admin juga telah menyediakn file audionya dalam format Mp3 yang bisa langsung sobat download disini ---> Download Suara Kicau Terbaik Burung Ciblek Kristal Ngebrem Rapat

foto:google

Related Posts

Ternyata Inilah Perbedaan Ciblek Kristal dan Ciblek Semi
4/ 5
Oleh