Mengenal Burung Cucak Timor/Koak Kao

Mengenal Ciri Fisik Serta Suara Kicau Burung Cucak Timor/Koak Kao - Kicaumania online kali ini akan membahas mengenai salah satu burung yang habitatnya kini mulai semakin menurun dialam liar, Cucak timor memiliki nama latin Philemon buceroides, adalah merupakan salah satu jenis burung yang masuk dalam keluarga Meliphagidae. Burung ini juga dikenal sebagai koak kao / Koak Kiau / Cikukua Tanduk / Cucak Timor Papua burung ini banyak ditemukan diwilayah Indonesia bagian Timur seperti NTB, Papua dsb.

gambar:google

Wilayah persebaran burung Cucak Timor banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia dan juga Australia. Habitat asli dari burung ini mereka sangat menyukai daerah kering hutan subtropis dan juga tropis serta hutan lembap dataran rendah, dan daerah hutan bakau. Salah satu daerah konservasi cucak Timor ini adalah di taman buru Pulau Moyo yang terletak di NTB.

Makanan utama Cucak Timor/Koak Kao adalah buah-buahan serta biji-bijian, namun terkadang burung ini juga memangsa serangga-serangga kecil , ikan kecil dan juga anak katak burung ini termasuk salah satu jenis burung Polimator. Akibat perburuan liar kini populasinya di alam liar semakin menurun oleh sebab itu kita harus melestarikannya agar nantinya anak cucu kita masih bisa menikmati merduanya suara kicau dari burung Cucak Timor ini.

Bagi para pecinta burung nama cucak timor memang tidak sepopuler dengan beberapa jenis burung cucak lainnya seperti cucak ijo ,cucak rawa , cucak biru maupun cucak jenggot . Namun demikian burung ini memiliki keistimewaan yang khas pada suara kicaunya selain itu suaranya juga terdengar cukup lantang ketika sedang berkicau, perbedaan dengan jenis cucak hijau adalah postur tubuh burung ini lumayan besar ketimbang cucak hijau.

Dengan keunikan suaranya maka dari itu tak sedikit kicaumania yang memang memanfaatkan kicauannya untuk dijadikan masteran burung kesayangan mereka seperti cucak ijo dan murai batu.

Ciri Fisik Burung Cucak Timor/Koak Kao
Cucak Timor memiliki ukuran cukup besar dengan paruh, leher dan juga bulu ekor yang panjang dari pada dengan jenis burung cucak yang lainya. Burung cucak timor memiliki ciri khas dibagian pangkal paruh dibagian atas terdapat semacam jengger namun cukup keras seperti tanduk.

gambar:wikipedia

Burung cucak timor memiliki warna bulu coklat keabu-abuan , mata berwarna coklat tua dan hitam pada bagian tengah, pada bagian paruh muka hingga pipi berwarna hitam ,kaki panjang berwarna hitam, kicauan burung ini sangat lantang.

Pada saat musim kawin burung jantan dan betina akan membangun sarang pada cabang atau ranting pohon . Pada saat bertelur burung ini biasanya akan bisa bertelur sebanyak 2 hingga 3 butir, telur burung Cucak Timor berwarna merah jambu pucat dengan bercak-bercak kecokelatan. Setelah telur tersebut menetas sang anak biasanya akan tetap bersama san induk sampai nantinya burung muda tersebut dapat mencari makan sendiri.

Video Burung Cucak Timor - Youtube

Harga Burung Cucak Timor
Karena suaranya banyak kicaumania yang tertarik untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan dirumah selain itu biasanya mereka juga memeliharanya untuk dijadikan masteran bagi burung lainnya oleh sebab itu harga burung ini dipasaran cukup mahal karena memang untuk mendapatkannya sendiri bukanlah sesuatu yang mudah mengingat poulasinya kini mulai menurun untuk burung muda hutan dan dewasa hutan biasanya dijual dengan harga 700rb hingga 800rb. Sedangkan untuk Cucak Timor yang sudah gacor harganya tentunya cukup tinggi hingga jutaan rupiah.

Suara Burung Cucak Timor
Cucak Timor memiliki suara kicau yang unik serta lantang , untuk anda yang ingin mengoleksi suaranya sekedar untuk koleksi saja atau untuk memaster burung kesayangan kali ini admin juga menyediakan file audionya dalam format mp3 yang bisa sobat download melalui link yang telah admin sediakan semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk senantiasa mengunjungi situs www.kicaumania.online ini.

Related Posts

Mengenal Burung Cucak Timor/Koak Kao
4/ 5
Oleh