Mengenal Si Burung Masteran Pelatuk Bawang

Kicaumania.Online Mengenal Si Burung Masteran Pelatuk Bawang - Siapa yang tak kenal dengan burung yang satu ini, burung yang juga dikenal dengan nama (Dinopium javanense) memang punya tampilan yang sedikit nyentrik , suara kicaunya juga seringkali dipakai oleh para kicaumania untuk memaster burung kesayangan mereka, selain memiliki suara unik tembakannya yang rapat sangat cocok apabila dipergunakan untuk memaster burung kicau seperti murai batu, kacer/koci, cucak ijo, anis merah dan kembang, lovebird, kenari , cendet dan juga berbagai jenis burung lainnya.

foto: www.hewanpeliharaan.org

Klasifikasi ilmiah burung pelatuk bawang :
Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Order: Piciformes; Family: Picidae; Genus: Dinopium; Spesies: Dinopium javanense.

Burung pelatuk bawang adalah burung yang termasuk dalam anggota famili Pecidae ini banyak ditemukan hampir disebagian besar wilayah Asia seperti Bangladesh, Brunei, China, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, dan juga Indonesia. Di Indonesia, burung ini banyak tersebar diwilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan juga Nusa Tenggara.

Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Common Flameback atau Common Goldenback. Di Indonesia dan juga Melayu burung pelatuk bawang biasa dikenal juga sebagai burung jelatuk, belatuk pinang muda, dan Pelatuk besi. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) burung ini dikenal dengan nama Dinopium javanense.

Habitat alami burung pelatuk bawang adalah di hutan tropis dan sub tropis di dataran rendah , ciri fisik burung pelatuk bawang memiliki bulu sayap berwarna kuning keemasan dengan bagian leher berwarna hitam dan putih dengan motif garis , sedang pada bagian dada hingga perut banyak didominasi dengan warna putih keabu-abuan dengan motif bintik hitam, perbedaan burung jantan dan betina terletak pada warna bulu dibagian kepalanya untuk jantan pada bagian kepala berwarna merah sedang betina berwarna hitam.

Perbedaan Burung Pelatuk Bawang Jantan dan Betina
Pelatuk Bawang Jantan dan Betina

Perawatan burung pelatuk bawang pada dasarnya tidaklah terlampau sulit, untuk anda yang ingin memeliharanya untuk dipergunakan sebagai burung masteran bisa melakukan perawatan seperti biasanya yaitu dengan memberikan pakan yang cukup, lakukan pemandian serta penjemuran dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersiahan kandangnya, makanan utama burung pelatuk bawang adalah serangga dan juga kumbang, anda bisa memberikan pakan seperti jangkrik , ulat dan juga kroto serta belalang.

Lihat Juga --> Kumpulan Video Burung Pelatuk Bawang

Harga jual burung ini dipasaran cukup tinggi yaitu berkisar antara 150rb hingga 400rb untuk burung dewasa maupun trorol tergantung kualitasnya untuk burung yang sudah gacor tentunya harganya bisa lebih tinggi, untuk mendapatkan burung ini dipasaran tidaklah terlampau sulit anda bisa memperolehnya dipasar burung terdekat , meski demikian tentunya jumlahnya masih cukup terbatas sebab untuk mendapatkan burung ini dialam liar tidaklah mudah seiring populasinya yang kini semakin menurun kedepan kita harapkan banyak penangkar yang mulai tertarik untuk mengembang biaknanya agar populasinya dialam liar semakin terjaga.

sumber:https://alamendah.org/2010/12/24/burung-pelatuk-bawang-sarat-khasiat-mistik/

Nah untuk anda yang ingin mengoleksi suara kicaunya sekedar untuk didengarkan atau untuk memaster burung kesayangan anda admin menyediakan file audionya dalam format mp3 yang bisa langsung sobat download melalui link yang sudah admin sediakan dibagian bawah artikel ini semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Related Posts

Mengenal Si Burung Masteran Pelatuk Bawang
4/ 5
Oleh