Burung Cililin Coklat dan Hitam

Mengenal Burung Cililin Coklat dan Hitam - Tangkar ongklet atau yang biasa kita kenal dengan nama burung cililin adalah merupakan salah satu dari spesies burung famili Corvidae. Clilin (Platylophus galericulatus) dalam bahasa Inggris ddikenal dengan Crested Jay, dan dalam bahasa melayu burung ini diberi nama gagak jerit.

Burung Cililin
foto:google
Burung ini bersifat monotipe di genusnya, Platylophus. habitat tangkar ongklet banyak ditemukan tersebar di beberapa negara khususnya dikawasan Asia seperti Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan juga Thailand, burung ini memiliki suara yang khas sehingga banyak dipergunakan untuk memaster burung lainnya seperti murai batu, kacer, cucak ijo, cendet dan lainnya untuk mendownload suara masteran kicau burung cililin anda bisa mencarinya diinternet atau sekedar melihat videonya di youtube.

Habitat alami burung cililin/tangkar ongklet ini banyak tersebar didaerah hutan dataran rendah atau daerah lembap subtropis dan hutan tropis sebagian bahkan juga bisa ditemukan hutan montane lembap tropis dan juga subtropis, saat ini burung ini sedikit terancam keberadaannya akibat rusaknya habitat asli mereka.

Spesies jenis ini memiliki sedikit ciri unik sehingga sangatlah mudah dikenali, ciri yang paling menonjol adalah terdapat semacam bulu dikepala mereka sekilas mirip jambul , selain itu ciri lain adalah bulu berwarna putih melingkar yang seolah menghubungkan dari satu telinga ke telinga lainnya untuk lebih jelasnya lihat foto berikut .

Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis burung cililin yang cukup dikenal dikalangan kicaumania diantaranya adalah cililin coklat/Pg. coronatus (Sumatera, Kalimantan) dan juga cililin hitam/Pg. galericulatus (]awa) meski berbeda dari segi warna namun keduanya memiliki suara kicau yang sama, meski demikian untuk harga jenis cililin coklat ternyata jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga burung cililin hitam dipasaran burung ini dibandrol dengan harga 1juta hingga 2,5juta perekornya tergantung kualitas.

Cililin Coklat dan Hitam
Foto: omkicau.com

Burung cililin umumnya berukuran 28cm, Burung Tangkar Ongklet atau cililin Jawa dan juga Sumatera biasanya berwarna abu-abu sedikit kehitaman. Sedangkan burung cililin yang hidup di Kalimantan  memiliki warna yang sedikit berbeda yaitu berwarna coklat gelap dengan lris mata berwarna merah kecoklatan, paruh berwarna hitam dan kaki berwarna biru kehitaman itulah beberapa ciri fisik dari burung ini.

Burung cililin memiliki suara khas dan berkarakter oleh sebab itu jenis burung ini banyak dijadikan sebagai masteran burung lain, kicauannya bernada serak sedikit gemetar namun rapat dan cepat terkadang seperti menderik dan bergetar sangat cepat terkadang juga bersuara unik.

Untuk men-download suara kicau cililin silahkan klik tanda panah yang berada dibagian kanan file mp3 dibawah ini atau klik disini Suara Burung Cililin :


File download suara kicau burung cililin bisa anda pakai untuk memaster burung lainnya, sekian informasi yang bisa admin berikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan jangan lupa tetap kunjungi www.kicaumania.org untuk memperoleh informasi menarik lainnya.

Related Posts

Burung Cililin Coklat dan Hitam
4/ 5
Oleh